Bagian Humas dan ProtokolBerita DaerahSlider

BUPATI BARSEL LAKSANAKAN BUKA PUASA BERSAMA

“ Bulan Ramadhan, merupakan salah satu Anugerah dan Rahmat Allah SWT, kepada hamba – hamba Nya yang beriman. Mengapa demikian? Sebab, dalam Bulan Ramadhan terdapat berbagai kesitimewaan, seperti pahala – pahala ibadah yang dilipatgandakan, dosa – dosa yang diampuni dan banyak lagi keberkahan lainnya. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan momen Ramadhan tahun ini, untuk meraih pahala serta mengurangi bahkan menghapuskan dosa – dosa kita, melalui optimalisasi pelaksanaan ibadah “. Demikian, beberapa hal yang disampaikan oleh Bupati Barito Selatan, M. Farid Yusran, dalam sambutannya pada acara Buka Puasa Bersama di Rumah Jabatan Bupati Barito Selatan, Rabu 2 Juli 2014 atau bertepatan dengan 4 Ramadhan 1435 H.

DSC_0036

Masih dalam sambutan tersebut, Bupati juga menyampaikan bahwa kegiatan Buka Puasa Bersama ini merupakan kegiatan pembuka / mengawali rangkaian Safari Ramadhan 1435 H Pemerintah Kabupaten Barito Selatan. Disamping Buka Puasa Bersama di dalam kota yang dilaksanakan secara bergantian oleh Unsur Muspida, juga dilaksanakan Safari Ramadhan ke desa di seluruh kecamatan. Kegiatan ini bertujuan, untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dalam melaksanakan ibadah Ramadhan sekaligus untuk menjalin kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat, khususnya di Bulan Suci Ramadhan ini.

Acara Buka Puasa Bersama di Rujab Bupati ini sendiri, tampak begitu meriah namun tetap khidmat, dengan dihadiri berbagai elemen masyarakat, seperti Unsur Muspida, Kepala SKPD, Kepala Instansi Vertikal, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta anak – anak binaan dari Panti Asuhan Darurrahmah Buntok.

DSC_0055Sementara itu, H.M. Sibawaihi, Lc., M.Pd. dalam ceramahnya mengatakan, bahwa salah satu pelajaran utama dalam Ibadah Ramadhan adalah IKHLAS. Ikhlas bermakna adalah bahwa segala sesuatu – ibadah – yang dilakukan umat Islam selama Ramadhan, harus lah ditujukan semata – mata kepada Allah SWT, dalam makna Keridhaan Allah SWT yang menjadi satu – satunya tujuan. Ibadah Puasamengajarkan kita untuk ikhlas. Sebab, yang tahu kita berpuasa itu hanya diri kita sendiri dan tentunya Allah SWT. Bisa saja kita berbuat tidak ikhlas, dengan mengakui / berkata kepada orang lain bahwa kita berpuasa, walaupun sebenarnya tidak. Manusia boleh saja bisa kita dustai, namun tentunya tidak dengan Allah SWT. Oleh karena itu, jika kita bisa menjalankan Ibadah Puasa dengan sebaik – baiknya, maka sifat ikhlas setidak – tidaknya sudah menjadi bagian dari diri kita.

DSC_0071

Setelah buka puasa yang dirangkaikan dengan Sholat Maghrib berjama’ah, acara dilanjutkan dengan makan malam dan diakhiri dengan bersalaman dengan seluruh tamu / undangan yang hadir.

Masyarakat yang hadir, menyatakan rasa hormat dan mengapresiasi dilaksanakannnya kegiatan Buka Puasa Bersama oleh Bupati Barito Selatan ini. Sebab, acara ini sekaligus merupakan ajang silaturrahmi antara masyarakat dengan pemimpinnya, dan juga antar sesama masyarakat. Sehingga, diharapkan bisa menambah hikmah dan berkah Ramadhan tahun ini bagi kita semua.

Related Articles

Back to top button