Sebanyak 96 orang kafilah Barito Selatan akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran ke-29 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau.

Ketua rombongan Kafilah Barito Selatan, Jumadi mengatakan sebanyak 96 orang tersebut terdiri dari peserta, pembina, pendamping, oficial, mahrom, pelatih, peserta pawai Ta`aruf, dan bagian publikasi.

“Kafilah Barito Selatan nantinya akan mengikuti enam cabang lomba pada Musabaqah Tilawatil Quran ke 29 itu,” katanya saat acara pelepasan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati, di Buntok, Kamis.

Ia berharap kafilah Barito Selatan akan bisa memberikan yang terbaik, dan mengharumkan nama kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini pada ajang tingkat provinsi tersebut.

“Kita berharap pada MTQ kali ini, kafilah Barito Selatan bisa meraih posisi 3 besar, mengingat Barito Selatan pernah empat kali menjadi juara umum,” tambah Jumadi yang saat ini menjabat sebagai asisten II Setda Barito Selatan itu.

Sementara Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri pada kesempatan itu meminta agar seluruh kafilah khusus qari-qariah, hafizh-hafizhah, muratil-muratilah, dan cabang serta golongan lainnya agar menjaga kesehatannya.

“Kita juga meminta kepada tim kesehatan yang bertugas mendampingi kafilah Barito Selatan agar dapat terus memantau, dan menjaga kesehatan khususnya para peserta yang akan bertanding nantinya,” pinta Bupati.

Dirinya optimistis semua peserta yang telah mendapat amanah mengikuti MTQ tingkat Provinsi tersebut telah memiliki keahlian sesuai dengan bidang lombanya masing-masing.

“Oleh karena itu, tanamkan niat, optimis untuk menjadi juara, serta berprilaku terpuji demi menjaga nama baik Barito Selatan diajang lomba tingkat provinsi tersebut,” ujar Bupati.

Acara pelepasan kafilah Barito Selatan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati tersebut dihadiri sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.