Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengatakan pasar murah akan dilaksanakan di sembilan desa di wilayah setempat.

“Sembilan desa tersebut berada di dua kecamatan,” kata Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barito Selatan, Junaidi, di Buntok, Senin.

Ia menjelaskan, sembilan desa tempat dilaksanakannya pasar murah tersebut yakni Desa Baru, Danau Sadar, Teluk Telaga, Muara Talang, dan Desa Danau Ganting, Kecamatan Dusun Selatan.

Sedangkan empat desa lainnya berada di Kecamatan Karau Kuala tempat dilaksanakannya pasar murah tersebut yakni di Desa Bintang Kurung, Janggi, Desa Muara Arai, dan Desa Malitin.

“Untuk acara pembukaan, dan penyerahan secara simbolis akan dilaksanakan di Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan yang direncanakan pada 8 Juni 2018 mendatang,” ucap Junaidi.

Selain melaksanakan pasar murah, pihaknya juga bekerjasama dengan Kantor Seksi Logistik Buntok melaksanakan pasar penyeimbang.

“Kegiatannya akan mulai dilaksanakan pada 5-8 Juni dihalaman Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Buntok,” ujar Junaidi.

Menurut dia, tujuan dilaksanakannya pasar penyeimbang ini untuk membantu warga dalam mencukupi kebutuhan bahan pokok yang mana harganya disubsidi pemerintah, dan kegiatan ini bekerjasama dengan Kansilog Buntok.

Adapun bahan yang dijual dalam pasar penyeimbang itu diantaranya telur ayam, tepung terigu, sirup, kacang tanah, susu kental manis, sedangkan untuk bahan pokok lainnya seperti beras, minyak goreng, dan bahan pokok lainnya disiapkan pihak Kansilog Buntok.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa membantu meringankan beban warga dalam memenuhi keperluan sehari-hari, maupun dalam menghadapi lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.