Bagian Humas dan ProtokolBerita DaerahSlider

Awak Jurnalistik Barsel di Latih IT

Perkembangan teknologi dewasa ini, menuntut masyarakat untuk tidak boleh ketinggalan (Gaptek). Apalagi bagi awak media / wartawan yang dituntut untuk memberikan informasi secara akurat sekaligus cepat. Sebagai elemen yang menyebarluaskan suatu informasi bagi masyarakat, tentunya kemampuan menguasai bidang IT (Information Technology / Teknologi Informasi) sangatlah diperlukan.

Oleh karena itu, untuk menjawab kebutuhan akan skill untuk penguasaan IT tersebut, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Perwakilan Kabupaten Barito Selatan, menyelenggarakan Pelatihan IT bagi awak media dan siswa yang concern terhadap dunia jurnalistik.

DSC_3183 Pelatihan IT yang diselenggarakan tersebut, dilaksanakan selama 1 (satu) hari penuh yaitu pada Senin 26 Mei 2014 yang bertempat di Aula Kantor Bupati Barito Selatan.

M. Hamdan, yang merupakan Ketua Panitia Pelatihan IT tersebut, menyampaikan bahwa Pelatihan IT ini merupakan salah satu Program Kerja PWI Kab. Barito Selatan yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas dan kualitas sumber daya wartawan, sehingga mampu menghasilkan informasi yang layak tampil dan informatif serta cepat, sehingga mempunyai efektifitas dan efisiensiĀ  yang besar. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, maka Pelatihan IT oleh PWI Perwakilan Kab. Barito Selatan ini mendatangkan narasumber yang berkompeten dan berpengalaman dibidang media online dan teknologi informasi, yaitu dari Detik.com dan Dosen IT Universitas Negeri Palangka Raya.

Acara Pelatihan ini sendiri, selain dihadiri oleh wartawan yang ada di Kabupaten Barito Selatan, juga diikuti oleh beberapa orang wartawan dari Barito Timur beserta dari Humas Setda Kab. Barito Timur. Selain itu, acara ini juga diikuti oleh Mahasiswa dan pelajar, yang bergerak pada bidang jurnalistik baik di kampus maupun di sekolah.

DSC_3189

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Barito Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintah Setda Kab. Barito Selatan Ir. Rusdhaasyoqa EAK sebelum membuka kegiatan pelatihan, memberikan apresiasi atas diselenggarakan kegiatan pelatihan tersebut. Dengan meningkatnya kapasitas yang dimiliki oleh wartawan, maka akan sangat besar dampaknya dalam menginformasikan berbagai kebijakan dan program pembangunan di Kabupaten Barito Selatan kepada masyarakat. Dukungan dan partisipasi dari masyarakat untuk setiap kebijakan dan program pembangunan, akan mengantarkan keberhasilan pelaksanakan program pembangunan tersebut. Oleh karena itu, informasi yang tepat, akurat dan cepat bagi masyarakat, akan mengoptimalkan pencapaian kesuksesan program pembangunan.

DSC_3200

Pembukaan pelatihan IT ini, ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan training kitĀ secara simbolis bagi perwakilan peserta. Dan juga penyerahan cenderamata dari Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, bagi Narasumber dan yang mewakili Ketua PWI Cab. Kalimantan Tengah. Acara pembukaan pelatihan ini sendiri, dihadiri oleh Unsur Muspida dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Barito Selatan serta Tokoh Masyarakat Kabupaten Barito Selatan

Related Articles

Back to top button