Berita DaerahSlider

Bupati Barsel Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Buntok (Antara Kalteng) – Bupati kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah Ir HM Farid Yusran, MM mengimbau masyarakat waspada bahaya banjir karena musim hujan kini sedang terjadi di daerah tersebut.

“Bagi masyarakat yang berada di daerah yang rawan banjir diminta meningkatkan kewaspadaannya dengan membersihkan lingkungannya agar bencana alam banjir tidak melanda di daerah itu,” katanya di Buntok, Jumat.

Dia juga meminta orang tua untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak bermain air saat musim hujan lebar terjadi, termasuk upaya mempersiapkan kemungkinan manakala debit air di sungai meninggi.

“Ini perlu diingatkan karena intensitas hujan dan debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito dalam beberapa minggu terakhir mengalami peningkatan. Ini yang harus diwaspadai,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel saat ini telah menyiagakan peralatan dan bantuan dalam menghadapi bencana alam banjir di daerah tersebut.

“Meskipun demikian, hal itu belum cukup karena kesadaran warga, pemahaman dan kesiagaan masyarakat jauh lebih penting dibanding persiapan yang dilakukan pemerintah. Tingkatkan kewaspadaan menghadapi bencana alam banjir,” ucapnya.

Tanpa menyebutkan jumlahnnya, Bupati mengatakan sudah menyiapkan anggaran menghadapi bencana banjir yang terjadi secara tiba-tiba di daerah itu. Pemerintah kabupaten Barsel sudah mempersiapkan anggaran untuk membantu masyarakat dienam kecamatan.

“Dengan anggaran yung diperuntukkan untuk membantu korban bencana alam tersebut, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat bila menjadi korban bencana alam banjir nanti,” kata dia. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2016

(http://antarakalteng.com/berita/250102/bupati-barsel-imbau-masyarakat-waspada-banjir)

Related Articles

Back to top button