Bupati Terima WTP

Posted On 5 June, 2018 By In Berita Daerah, Slider And 52 Views

Barsel Raih WTP Untuk Pertama Kalinya

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah untuk pertama kalinya berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dalam tata pengelolaan keuangan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan, Bapak Ir. Edi Kristanto, MT meminta seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk lebih semangat dalam meningkatkan kinerja guna mempertahankan opini WTP pada tahun-tahun berikutnya.

“Keberhasilan ini merupakan keberhasilan yang sangat gemilang sebab, pada tahun 2015 meraih opini Disclaimer dan pada tahun 2016 hanya meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” Kata beliau.

Menurut Bapak Ir. Edi Kristianto, MT, keberhasilan meraih opini WTP ini tidak lepas dari komitmen yang tinggi dari Bupati Barito Selatan, Bapak Eddy Raya Samsuri dan Wakil Bupati Barito Selatan, Ibu Satya Titiek Atyani Djoedir yang selalu menekankan kepada semua pejabat dan perangkat daerah terkait hal tersebut.

“Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati selalu menekankan hal itu agar terus berusaha memperbaiki kinerja khususnya tentang laporan keuangan dan aset, supaya opini bisa meningkat menjadi opini yang terbaik. Alhamdulillah, Barsel akhirnya meraih opini WTP sesuai dengan harapan bersama,” Kata Pak Sekda.

Dengan diraihnya opini WTP ini, semua satuan perangkat daerah dihimbau agar melakukan penataan aset khususnya pada tahun ini mulai dari awal. “Jangan menunggu, aset tertumpuk baru di administrasikan.”ucapnya.

Pak Ir.Edi Kristianto, MT meminta semua aset-aset yang ada terutama yang baru dalam pengadaan untuk langsung diadministrasikan dan langsung dicatat didalam kartu notaris barang dan seterusnya.

“Sehingga pada saatnya nanti, begitu dilakukan audit oleh BPK aset tersebut sudah tertata dengan baik sehingga akan memberikan hasil yang baik pula,” terangnya, beliau juga menambahkan kenapa dirinya juga minta khusus kepada bidang aset agar meperhatikan hal tersebut, karena selama ini yang menjadi permasalahan adalah aset.

“Didalam pengadministrasian aset, untuk menghitung penyusutan aset kita sudah menggunakan aplikasi Simbarda sehingga ini bisa berjalan dengan baik sebenarnya tinggal komitmen saja dari para kepala satuan perangkat daerah terutama bidang aset,”ujarnya.

Sementara itu Bupati Barito Selatan, Bapak Eddy Raya Samsuri mengatakan, tahun depan pemeriksaan akan lebih teliti lagi dan pihaknya tetap berharap adanya masukan BPK RI Kalteng, supaya, Barsel bisa mempertahankan opini WTP ini di tahun berikutnya.

“Barsel jangan terlena dengan keberhasilan ini, masih banyak yang harus dibenahi mengenai kesiapan manajemen aset daerah. Untuk itu, bagi seluruh perangkat daerah harus menyiapkan data-data sebelum ada pemeriksaan dari BPK RI,” tegas beliau (Sumber  CAKRAWALA.CO )

About

Comments are closed.