Berita DaerahSlider

Pengusaha Ditantang untuk Budidayakan Nanas Parigi

BUPATI Barito Sela­tan, Farid Yusran­ menantang sejum­lah pengusaha un­tuk ikut mengembangkan atau membudidayakan bu­ah nanas parigi yang mu­lai banyak dibudidayakan­ di daerahnya ini.

Maksud bupati agar ta­naman buah bisa menjadi maskot bagi Barsel dan bisa memberikan dampak positif bagi kemajuan eko­no­mi masyarakat.

Tantangan Farid ini cu­kup­ beralasan. Sebab ha­sil­ nanas parigi saat ini sangat melimpah di DAS Barito.

Apalagi jika sebagian di­ja­dikan barang jadi maka diyakini akan berimbas bagi daerah.

“Nanas parigi inni meru­pa­kan tanaman andalan dan banyak tumbuh di dae­rah kita. Untuk itu sa­ya menantang sejumlah­ enterpreneur
untuk mengembangkan buah yang rasanya manis legit dan bermanfaat bagi kese­hat­an ini,” ucapnya.

Seiring akan digelontor­kan­nya dana desa sekitar Rp1 miliar sampai Rp1,5 miliar per desa mulai ta­hun­ ini, maka setiap desa diminta agar membentuk badan usaha milik desa (Bumdes) agar semua hasil pertanian bisa diberda­yakan.

“Selain usaha pengemba­ngan nenas parigi, Bumde­s juga bisa menggunakan ADD untuk pengelolaan mesin genset, mesin peng­gi­lingan padi, warung ko­pe­rasi desa dan lainnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian­ Perkebunan Barsel, Ibara­ta­ sepakat dengan bupati untuk terus memberi mo­ti­vasi kepada masyarakat­ agar nanas parigi bisa men­jadi komuditas produk ung­gulan.

“Harapan kita dari keber­hasilan produk unggulan ini ada investor yang me­li­rik. Untuk bisa lebih di­kembangkan hingga ada ber­diri pabrik selai nanas di tempat kita dan bisa di­pasarkan ke daerah lain da­lam bentuk kemasan,” ujar­nya. (PP/B-6)

(http://www.borneonews.co.id/berita/30796-pengusaha-ditantang-untuk-budidayakan-nanas-parigi)

Related Articles

Back to top button