Launching Web

Posted On 14 Februari, 2014 By In Berita Daerah, Slider And 802 Views

Launching Website SETDA Barsel & Sosialisasi siMAYA

Launching WebBuntok, (7 Peb.2014) Informasi di era keterbukaan saat ini sudah berkembang demikian pesatnya. Informasi tak lagi di artikan sebagai sarana esklusif yang harus diprotec sedemikian rupa sehingga publik tidak boleh mengetahui dan mengaksesnya. Dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan, aktivitas penyampaian informasi menjadi bagian yang sangat vital. Melalui informasi yang dikelola secara cermat dan akurat, publik akan memahami, bahkan memberikan dukungan, ketika suatu kebijakan pembangunan digulirkan.

Demikian pula sebaliknya. Jika informasi yang disampaikan tidak dipahami dan kurang transparan, kekhawatiran akan timbulnya keresahan bahkan gejolak sangat dimungkinkan mengemuka.

Di sisi lain, publik pun berhak mendapatkan akses informasi dari penyelenggara pemerintahan. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada Pasal 7 Ayat 1 menyatakan, setiap Badan Publik wajib menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan Informasi Publik yang berada di bawah kewenangannya kepada Pemohon Informasi Publik, selain informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan.

Memperhatikan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan sangat menyadari hal ini. Karena itu melalui Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Selatan tepatnya pada tanggal 7 Pebruari 2014 telah melaksanakan kegiatan launching  website Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Selatan dengan alamat :  www.setda.baritoselatankab.go.id bertempat di aula serbaguna setda barsel.

Dalam sambutannya Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan, Ir. Edi Kristianto, MT menyatakan bahwa website ini merupakan langkah awal bagi Sekretariat Daerah dalam rangka menerapkan sistem elektronik government (e-government) atau pemerintahan berbasis elektronik, yang bertujuan untuk memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat umum dalam hal capaian pelaksanaan kegiatan pembangunan dan transparansi pengelolaan keuangan pemerintah daerah, sehingga peran aktif dari semua unsur  di lingkungan sekretariat daerah sangat diharapkan, agar web ini bisa terus memberikan informasi terkini bagi masyarakat.

Pada kesempatan ini pula, melalui Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kab.Barito Selatan juga dilaksanakan sosialisasi tentang Aplikasi Sistem Administrasi Perkantoran MAYA (siMAYA) di lingkungan Sekretariat Daerah sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran MENPAN & RB Nomor 5 Tahun 2013. Untuk Penerapan aplikasi siMAYA itu sendiri masih menunggu regulasi yang mengatur tentang tata cara penerapan dan penggunaan aplikasi siMAYA di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan.

About

Comments are closed.