Berita DaerahSlider

BUPATI BARSEL BUKA FORUM SKPD TAHUN 2014

Berdasarkan amanat undang-Foto 1undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang pemerintahan daerah, maka forum SKPD merupakan salah satu tahapan didalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan daerah.

Forum SKPD Kabupaten merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan SKPD Kabupaten sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah

Dalam Laporannya kepala BAPPEDA Kabupaten Barito Selatan, Bapak Ir,Rahmin Hanan menyampaikan bahwa tujuan  pelaksanaan forum SKPD Kabupaten Barito Selatan  pada Tahun 2014 adalah :

1.      Untuk  menyelaraskan program dan kegiatan dengan tupoksi SKPD dengan hasil musrenbang tingkat kecamatan dan desa

2.    Sebagai upaya untuk meningkatkan penajaman indikator program dan kegiatan masing-masing SKPD sesuai dengan tupoksi

3.   Untuk meny elaraskan program dan kegiatan masing-masing SKPD dalam rangka sinergi dan optimalisasi pencapaian sasaran.

4.   Penyesuian dana program  dengan  kegiatan prioritas pagu indikatif pada masing-masing SKPD.

Program dan Kegiatan Kabupaten Barito Selatan Tahun 2014 harus terukur, output, outcame serta dampak serta empek atau manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat harus bisa diukur dalam rangka peningkatan program pembangunan di Kabupaten Barito Selatan.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan, bahwa unsur perencanaan merupakan hal penting dalam melaksanakan kegiatan, agar tujuan dan arah dari suatu kegiatan dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kegiatan Forum SKPD merupakan benang merah dari kegiatan musrenbang tingkat  kecamatan dan desa  sehingga melalui kegiatan ini usulan masukan dari masyarakat terkait dengan kegiatan pembangunan dapat terakomodir berdasarkan skala  prioritas pada masing-masing SKPD  lingkup Pemerintahan Kabupaten Barito Selatan, mengingat bahwa Kabupaten Barito Selatan menganut sistem button up  dalam proses perencanaan kegiatan pembangunan.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Barito Selatan, Bapak M.Farid Yusran pada saat memberikan arahan sekaligus membuka acara Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Barito Selatan Tahun 2014 dalam rangka Penyusunan Rencana Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Barito Selatan Tahun 2014.

Pelaksanaan Forum SKPD  Kabupaten Barito Selatan Tahun 2014 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 25  Pebruari 2013 di  Aula Bappeda Kabupaten Barito Selatan, Jl. Pahlawan Buntok, pada kesempatan tersebut juga hadir oleh Ibu Wakil Bupati Barito Selatan, Pimpinan DPRD Kabupaten Barito Selatan dan Sekretaris  Daerah Kabupaten Barito Selatan.

Peserta Kegiatan Forum SKPD kalim ini  terdiri dari DRPD Kabupaten Barito Selatan, Kepala Badan/Dinas/Kantor Kabupaten Barito Selatan, Kepala Bagian Lingkup Setda Kabupaten Barito Selatan , Camat dan Lurah se Kabupaten Barito Selatan. Adapun output dari kegiatan forum SKPD Kabupaten ini yaitu Renja SKPD hasil Forum SKPD yang sumber pendanaanya sudah dipilah (APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN) untuk di bawah ke Musrenbang Kabupaten dan Musrenbang Tingkat Provinsi.

Related Articles

Back to top button