Berita DaerahSlider

LPSE BARITO SELATAN IKUTI RAKERNAS LPSE 2015

Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Bappenas Sofyan Djalil,  membuka acara Rakernas LPSE 2015 pada hari pertama,  10 November 2015 di Balai Sudirman Jakarta. Kehadiran ini menjadi dukungan bagi penguatan Layanan Pengadaan Secara Elektronik.

Dalam sambutannya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Bappenas mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan pembangunan hendaknya tetap mengacu kepada peningkatan kualitas. Efisiensi, efektifitas dan tranfaransi yang selama ini telah terbangun melalui LPSE di seluruh Indonesia akan menjadi kurang berarti di saat di lapangan kualitas pekerjaan tidak terpenuhi, untuk itu perlu adanya peningkatan kualitas pengawasan di  tingkat lapangan. Selanjutnya beliau mengatakan bahwa penguatan LPSE ini akan sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional melalui e-government ke depan. Hal ini karena LPSE menjadi salah satu pilar pokok dalam penyelenggaraan pengadaan di Indonesia dewasa ini. Bayangkan saja, tahun ini pengelolaan pengadaan yang ditangani oleh 631 LPSE di seluruh Indonesia kini telah mencapai 284 triliun. Besaran nilai transaksi ini terdiri atas 128.797 paket pengadaan terhitung hingga November 2015. Capaian ini meningkat drastis dibandingkan dengan total transaksi pada 2008 yang hanya terdiri atas 33 paket dengan nilai anggaran 52 miliar.

Adapun Rakernas LPSE 2015 ini diisi dengan berbagai kegiatan, Penyelenggaraan Rakernas LPSE tahun ini mengusung tema “Dukung Penguatan LPSE dalam Sistem Pengadaan”. Tema ini menjadi semangat LKPP dalam menciptakan dan mewujudkan pengadaan yang  kredibel. Semangat dari Anda, semangat dari kami, semangat dari kita semua, untuk Indonesia

Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat dan hari yang berbeda. Hari Pertama pada tanggal 10 Nopember 2015 dilaksanakan di Balai Prajurit Sudirman yang merupakan acara seremonial dan diisi dengan acara  di antaranya diskusi panel dengan narasumber Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam. Selain itu, akan diselingi dengan penyerahan penghargaan National Procurement Award kepada pimpinan K/L/D/I dan LPSE yang berprestasi.

Di hari kedua, tanggal 11 Nopember 2015 bertempat di Hotel Bidakara Jl. Gatot Subroto dilaksanakan FGD atau forum diskusi kelompok dengan beberapa tema yang diisi oleh beberapa nara sumber di antaranya dari Kemenpan & RB, Kementerian Dalam Negeri, KEMENPOLHUKAM, Kementerian PU & Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, LEMSANEG, Pakar IT dan  Perwakilan LPSE Berprestasi (admin :@3)

 

Related Articles

Back to top button