Berita DaerahSlider

Target PAD Barsel Tahun Ini 50 Miliar

Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel), menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2016 sebesar Rp 50 miliar. Kepala Dispenda Barsel, Sukanto Djaban melalui Kabid Penagihan Selvytriyatmi mengatakan, target tahun ini Rp 50 miliar meningkat dari tahun sebelumnya yakni Rp 44,9 miliar. Pencapaian target Tahun 2015, lanjut dia, sebesar 87,29persen atau Rp 5,7 miliar dari total target.

“Tidak tercapainya target 100 persen pada tahun lalu, lantaran kewenangan pajak galian C dialihkan ke Provinsi, kata Selvytriyatmi kepada Borneonews diruang kerjanya, Kamis (10/3/2016). Menurutnya, meski beberapa SKPD kewenanganya dialihkan ke Provinsi PAD 2016 tetap naik dari tahun sebelumnya.

Pihaknya pun optimis PAD ini akan tercapai. Asalkan, semua SKPD bekerja keras dan jemput bola untuk menggali potensi PAD. Untuk menutupi, kekurangan pencapaian PAD sebelumnya, lanjut dia yaitu dengan mengoptimalkan dari pajak sarang burung walet. “Kita yakin PAD akan tercapai. Karena berdasarkan pendataan yang kita lakukan, jumlah sarang burung walet yang ada di Barsel sekitar 1600,” jelasnya.

Ia membeberkan, untuk sarang walet yang sudah menghasilkan pihaknya mengirim formulir yang akan diisi oleh pemiliknya. Disitu nanti, mereka menuliskan berapa kilogram penghasilan atau penjualan dilakukan dalam satu bulan.

“Formulir itu akan mereka kembalikan kepada kita. Dari laporan mereka itulah baru kita hitung pajaknya,” jelas dia.
Meski, tempat kita masih belum memiliki penilai pajak. Pihaknya berharap, dalam laporan nanti para pengusaha sarang burung walet melaporkan sesuai hasil yang riil.

Dengan begitu, pihaknya meyakini bahwa target PAD akan tercapai. (Uriutu Djaper/B-7)

(http://www.borneonews.co.id/berita/29585-target-pad-barsel-tahun-ini-50-miliar)

Related Articles

Back to top button