Berita DaerahSlider

Bupati Barsel Buka MTQ Tingkat Kabupaten

Buntok (Antara Kalteng) – Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah Ir HM Farid Yusran, MM membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran ke-40 tingkat kabupaten yang berlangsung di halaman masjid Agung Buntok.

Ketika membuka kegiatan itu di Buntok, Jumat malam Farid Yusran mengatakan, MTQ ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan ilmu seni baca Al Quran di kalangan masyarakat dan menggali bibit Qari Qariah, Hafidz Hafizdah yang dinilai berbakat.

“Kita mengharapkan kepada peserta agar bersungguh-sungguh untuk mencapai prestasi terbaik sehingga dapat mewakili Barsel pada MTQ tingkat Provinsi Kalteng di Palangka Raya nanti,” katanya.

Bupati juga menyampaikan, MTQ ini merupakan salah satu aktivitas keagamaan yang sudah terjadwal secara rutin dan sangat akrab di kalangan masyarakat, khususnya bagi umat Islam.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu program pembangunan, terutama dalam aspek peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkaitan dengan penguatan iman dan taqwa kepada Allah Yang Maha Pencipta sebagaimana yang tertuang dalam sapta program pembangunan Barsel.

“Dengan meningkatnya kualitas SDM tersebut, maka pembangunan yang dilaksanakan pemerinta dapat lebih stabil dinamis, terkendali dan berkesinambungan,” tambah Farid Yusran.

Sementara ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Barsel Ir Fajar menyampaikan pelaksanaan MTQ ke-40 ini akan berlangsung empat hari mulai 22-25 April 2016 yang diikuti peserta dari semua kecamatan di kabuaten Barsel.

“MTQ ke-40 ini diikuti kafilah enam kecamatan se Barito Selatan dengan memperlombakan cabang tilawah putra putri, tartil putra putri golongan dewasa, remaja dan anak-anak,” tambah dia.

Menurut dia, pihaknya juga memperlombakan cabang Tahfiz 5 juz, 10 juz hingga 30 juz dari semua golongan dan bagi pemenang akan diikutsertakan pada MTQ tingkat provinsi Kalteng pada 26 Mei 2016 di Palangka Raya. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2016

(http://antarakalteng.com/berita/252529/bupati-barsel-buka-mtq-tingkat-kabupaten)

Related Articles

Back to top button