Berita DaerahSlider

BLH Barito Selatan Akan Beli Sampah Masyarakat

BORNEONEWS, Barito Selatan – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel), melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH), bakal membeli sampah masyarakat sesuai dengan harga ditentukan.

Kepala BLH Barsel Firman Purbiantoro mengatakan, sampah-sampah yang dibeli dari masyarakat yaitu sampah non organik. Ini seiring dengan akan diaktifkannya Bank Sampah di pertengahan 2016.

Rencana ini atas keprihatinan pihaknya terkait masalah persampahan yang tak kunjung menemukan solusi penanganan. Nantinya masyarakat menjual sampah nonorganik ke bank sampah yang berada di kawasan Jalan Pattianom, tepatnya di depan RS Jaraga Sasameh Buntok.

“Dengan begitu maka tidak ada lagi sampah berserakan, khususnya di dalam kota Buntok, karena sampah-sampah tersebut bisa menambah hasil ekonomi masyarakat,” kata Firman Purbiantoro kepada Borneonews di ruang kerjanya, Selasa (26/4/2016) siang.

Ia mengungkapkan, dengan dibelinya sampah non organik ini, maka tidak ada lagi warga yang membuang sembarangan atau ke tempat pembuangan akhir.
Dalam pengelolaannya, pihaknya akan menjajaki peluang kerjasama bersama pihak ketiga sebagai pendukung kegiatan.

“Selain mendapatkan keuntungan bagi masyarakat, juga sebagai pendapatan untuk kas daerah. Karena sampah-sampah ini dikemas kemudian dipasarkan oleh kita kepada pihak ketiga,” jelasnya.

Menurutnya, manfaat yang diperoleh dari kerjasama bersama pihak ketiga yaitu keuntungan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat serta pendapatan daerah.
Kelemahan dalam pengelolaan persampahan saat ini bukan hanya didasari peran aktif masyarakat, namun juga dipengaruhi belum adanya regulasi dan keterbatasan sarana prasarana.

Ia pun mengakui, hal itu karena peningkatan kuantitas penduduk setiap tahun, dinilai masih belum sebanding dengan jumlah tenaga lapangan yang disediakan pemerintah.

“Untuk itu kami juga berencana menyiapkan regulasi waktu pembuangan yang dituangkan dalam bentuk peraturan supaya ke depan sampah yang baru diangkut tidak harus menumpuk kembali,” tandasnya. (URIUTU DJAPER/m).
(http://www.borneonews.co.id/berita/32127-blh-barito-selatan-akan-beli-sampah-masyarakat)

Related Articles

Back to top button