Posted On 7 June, 2016 By In Berita Umum, Slider With 251 Views

PLTU Pulpis Kapasitas 60 MW Pasok Kalteng-Kalsel Mulai Juli 2016

Jakarta (Antara Kalteng) – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pulang Pisau berkapasitas 60 MW akan mulai memasok wilayah Kalteng dan Kalsel mulai Juli 2016.

Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Djoko R Abumanan di Jakarta, Minggu mengatakan, saat ini, pembangkit tersebut masih dalam tahap pengujian.

“Saat ini masih diuji kehandalan operasi mesinnya, sebelum resmi dioperasikan pada awal Juli mendatang,” katanya.

Menurut dia, meski masih dalam tahap pengujian, daya PLTU sudah masuk sistem kelistrikan.

“Karena mesin baru jadi masih mengalami baby syndrome yakni mesinnya kerap keluar dan masuk sistem,” ujarnya.

Djoko juga menambahkan, pengujian tersebut dilakukan pada unit pertama dari dua unit PLTU Pulang Pisau berkapasitas 2×60 MW.

Selanjutnya, unit kedua juga berkapasitas 60 MW dari pembangkit yang berlokasi di Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Kuala Kapuas, Kalteng itu akan dilakukan pengujian kehandalan operasi mesinnya.

Listrik PLTU Pulang Pisau akan disalurkan ke sistem kelistrikan Barito melalui saluran udara tegangan tinggi (SUTT) bertegangan 150 kV yang memotong jalur Kuala Kapuas-Palangka Raya.

PLTU Pulang Pisau dengan nilai investasi Rp1,9 triliun adalah jenis pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan listrik.

Dengan tambahan daya PLTU Pulang Pisau 60 MW, maka daya mampu di Kalsel dan Kalteng yang sebelumnya 486 MW, menjadi 546 MW. Sedangkan, beban puncak tercatat 485 MW.

Manajer Senior Humas PLN Agung Murdifi menambahkan, PLN juga menyiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai berkapasitas 155 MW yang terletak di Desa Karendan, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, Kalteng.

Saat ini, menurut dia, pembangunan transmisi 150 kV yang digunakan untuk menyalurkan listrik dari PLTMG Bangkanai ke sistem Barito terus dilakukan, sehingga direncanakan masuk ke sistem kelistrikan Kalsel dan Kalteng pada akhir September 2016.

Dalam program pembangunan pembangkit 35.000 MW, sebanyak 19 pembangkit dengan daya 2.058 MW berada di Pulau Kalimantan. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2016

(http://www.antarakalteng.com/berita/253818/pltu-pulpis-kapasitas-60-mw-pasok-kalteng-kalsel-mulai-juli-2016?utm_source=populer_home&utm_medium=populer&utm_campaign=news)

About

admin