Berita DaerahSlider

Dua Siswi Barsel Duta Sanitasi Tingkat Nasional

Buntok, (Antara Kalteng) – Dua orang siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Kabupaten Barito Selatan akan menjadi duta Provinsi Kalimantan Tengah untuk mengikuti lomba pada Jambore sanitasi tingkat nasional di Jakarta, 3-9 Agustus 2016.

“Kedua orang tersebut yakni Tazkia Amalia, murid SMP-1 Dusun Selatan meraih juara 1 lomba karya poster sanitasi tingkat provinsi,” kata salah seorang guru pembimbing, Sri Hartati MPd, di Buntok, Selasa.

Sedangkan Annisa kata dia, merupakan siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Buntok yang beberapa waktu lalu berhasil meraih juara III tingkat provinsi pada kegiatan yang sama.

“Kita mengharapkan doa seluruh masyarakat Barsel supaya kedua siswi tersebut bisa meraih hasil terbaik pada Jambore Sanitasi tingkat nasional nantinya,” ucap Sri Hartati yang saat ini mengajar di SMP 1 Dusun Selatan itu.

Adapun persiapan yang telah dilakukan Tazkia Amalia dalam menghadapi lomba ditingkat nasional kata dia, di antaranya latihan melakukan presentasi, berlatih melukis tentang sanitasi MCK sehat dan menerapkan bagaimana supaya lingkungan sekolah sehat.

“Termasuk bagaimana cara penanggulangan drainase di sekolah supaya baik dan melakukan penyuluhan serta melaksanakan sosialisasi disalah satu sekolah dasar (SD) di Buntok seberang,” ujarnya.

Kemudian lanjut dia, Taskia Amalia juga telah mengajak adik-adik kelasnya di SMP-1 Dusun Selatan untuk mengumpulkan sampah an organik untuk didaur ulang dan sampah organik agar dijadikan pupuk.

Sementara guru pembimbing dari MTsN Buntok, Hj Isnaniah, S. Pd menambahkan untuk persiapan Annisa dalam menghadapi lomba tingkat nasional dengan mengadakan sosialisasi kepada murid di MTsN Buntok.

“Dalam sosialisasi itu, Aninsa mengajak kawan-kawannya untuk memperhatikan kebersihan dilingkungan sekolah dan bisa membedakan antara sampah basah dan sampah kering,” ucapnya.

Selain itu lanjut dia, Annisa juga telah mengadakan sosialisasi bagaimana sampah bisa menghasilkan uang yang mana bisa digunakan untuk keperluan ruang kelas yang bisa memilah sampah tersebut.

“Dengan adanya persiapan-persiapan itu, kita berharap kedua siswi Barsel yang menjadi Duta Kalteng bisa meraih juara lomba sanitasi pada Jambore Sanitasi ditingkat nasional,” harap Isnaniah. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2016

(http://www.antarakalteng.com/berita/255461/dua-siswi-barsel-duta-sanitasi-tingkat-nasional)

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button