Berita DaerahSlider

Status Terminal Sanggu Barsel Ditingkatkan Jadi Tipe A

Buntok (Antara Kalteng) – Kementrian Perhubungan RI akan meningkatkan status terminal Sanggu Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dari B menjadi terminal tipe A.

Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Barito Selatan Rudi Gawis, Rabu mengatakan tim dari Kementerian Perhubungan RI sudah datang melakukan evaluasi terkait peningkatan status terminal itu.

“Kita mendapat lampu hijau bahwa terminal Simpang Tiga Sanggu Buntok bakal ditingkatkan statusnya menjadi terminal tipe A,” katanya.

Ia mengatakan, rencana peningkatan status terminal angkutan Simpang Tiga Sanggu menjadi terminal tipe A sudah mendapatkan titik terang setelah tim melakukan evaluasi sebanyak dua kali.

Karena lanjut dia, salah satu syarat yang dievaluasi untuk bisa ditingkatkan status menjadi tipe A, selain menyangkut sarana prasarana, juga menyangkut petugas pelayanan serta alat angkut dari terminal kota ke terminal Simpang Tiga Sanggu seperti sarana angkutan bus.

“Bila nantinya sudah menjadi tipe A, terminal dikhususkan untuk melayani angkutan Kabupaten dan antar Propinsi (AKAP),” jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk Kalimantan Tengah, ada empat kabupaten/kota yang terminalnya akan ditingkatkan status menjadi tipe A yang mana salah satunya di kabupaten Barito Selatan.

“Sedangkan tiga terminal lainnya yang akan ditingkatkan status menjadi tipe A adalah terminal yang berada di Kota Palangka Raya, Barito Utara dan kabupaten Kapuas,” tambah dia.

Editor: Zaenal Abidin

COPYRIGHT © ANTARA 2016

(http://www.antarakalteng.com/berita/255975/status-terminal-sanggu-barsel-ditingkatkan-jadi-tipe-a)

Related Articles

Back to top button