Posted On 19 February, 2019 By In Berita Daerah, Slider With 15 Views

Bupati Barito Selatan : Musrenbang Kecamatan, Sarana Untuk Menyusun RKPD

BUNTOK-Musrenbang tingkat kecamatan 2019, merupakan saalah satu sarana untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) setempat untuk tahun 2020 mendatang.

Demikian dikatakan Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri saat membuka membuka acara Musrenbang tingkat Kecamatan Dusun Hilir dan Jenamas, Minggu (9/2/2019).

“Selain itu, Musrenbang sebagai acuan menentukan kebijakan umum pembangunan dan untuk menetapkan strategi dan prioritas program pembangunan deerah barsel untuk tahun anggaran 2020 mendatang,” ucap Eddy.

Sehari sebelumnya, Jum’at (8/2/2019), juga telah dilaksanakan Musrenbang Tingkat Kecamatan di Kecamatan Karau Kuala yang juga dibuka secara resmi oleh Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri.

Dalam sambutanya, Eddy menyinggung masa kepeminpinannya yang sudah memasuki tahun yang kedua untuk mewujudkan Barsel sebagai daerah yang maju dan mandiri. Sehingga terciptanya kehidupan masyarakat yang sejahtera secara merata dan memiliki daya saing dilandasi Iman dan Taqwa.

“Sementara dari focus dan tema pembangunan, maka berdasarkan Perda Barsel Nomor 13 Tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017-2018 kita telah merumuskan tema pembangunan untuk tahun pertama 2017-2018 adalah,” jelasnya.

Dalam kesemoatan itu, Eddy juga berharap dengan adanya kegiatan pembangunan jalan-jalan multy years, akan dapat memenuhi kebutuhan infrastruktur.

“Yang kemudian,sekaligus akan tergali potensi-potensi daerah kita untuk mewujudkan kemandirian ekonomi,”jelasnya.

Khususnya untuk tahun ketiga 2020, telah dimasukan tema pembangunan yakni ‘Peningkatan Daya Saing Berbasis Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam Untuk Menggerakan Ekonomi’.

Tema pembangunan tersebut, merupakan kelanjutan dari dua tema pembangunan sebelumnya tema pembngunan tahun ketiga ini memiliki makna. Bahwa, setelah kita focus untuk pembenahan infrastruktur dan mulai menggali potensi daerah.

Maka selanjutnya, kita akan focus meningkatkan kemampuan daerah dalam mencapai pertumbuhan tingkat kesejahteraan masyarakat yang tinggi secara merata dan berkelanjutan.

“Dengan tetap, terbuka pada persaingan domestik dan nasional dengan berbasis pada peningkatan SDM dan SDA,” bebernya.

(sumber : ded/beritasampit.co.id)

About