Berita Umum

Disiplin terapkan protokol kesehatan penting putus penularan COVID-19

Buntok, KaltengĀ  (ANTARA) – Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri menyatakan bahwa kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, merupakan langkah penting dan kunci utama dalam memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 19 (COVID-19) di daerah ini.

“Kedisiplinan perlu dibangun dengan yang ditegakkan dengan saling mengingatkan antar sesama anggota masyarakat,” kata Eddy Raya saat apel pemberangkatan satgas yustisi COVID-19 di Buntok, Senin.

Untuk itu, lanjut dia, seluruh jajaran dari pusat hingga ke daerah termasuk di Barito Selatan melaksananan kegiatan tersebut dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Eddy Raya mengatakan jika sudah diingatkan masih terjadi ketidakpatuhan, maka tindakan tegas untuk menerapkan sanksi merupakan langkah yang diambil petugas. Hal ini sudah sesuai ikrar dan deklarasi yang diucapkan pada apel yang diselenggarakan sebelumnya untuk memberikan ruang penegakan disiplin oleh petugas.

“Sekali lagi penegakan disiplin ini bukan untuk menakut nakuti, namun untuk melindungi masyarakat itu sendiri,” kata dia.

Bupati Barsel itu pun mengucapkan terima kasih kepada satgas yustisi yang pada hari ini mulai melaksanakan tugasnya dalam menerapkan disiplin masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Tugas ini tidaklah mudah, dan justru akan banyak tantangan yang akan dialami selama pelaksanaannya di lapangan,” kata Eddy Raya.

Dia juga mengharapkan kepada satgas yustisi yang menerapkan kedisiplinan tersebut supaya mengedepankan pendekatan humanis dan persuasif kepada seluruh masyarakat.

“Untuk membangun kesadaran akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan memerlukan waktu yang tidak sebentar, dan perlu langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang dibangun secara masif dan berulang,” demikian Eddy Raya

Pantauan Antara, pada saat penerapan disiplin di Plaza Beringin Buntok, warga yang tidak memakai masker diberikan sanksi push up.

(https://kalteng.antaranews.com/berita/425334/disiplin-terapkan-protokol-kesehatan-penting-putus-penularan-covid-19)

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button