Berita DaerahBerita FotoSlider

LOGO HUT KE 64 KAB. BARITO SELATAN TAHUN 2023

Filosofi, Isi, Arti, dan Makna Logo HUT Kabupaten Barito Selatan

BURUNG ENGGANG

Merupakan Burung Endemik yang menjadi simbol ciri khas suku Dayak di Kalimantan, Seluruh tubuh burung Enggang digunakan sebagai simbol kebesaran dan kemuliaan.

  • Tubuh Burung Enggang Melambangkan Perdamaian dan Persatuan
  • Sayap nya yang tebal melambangkan Pemimpin yang selalu melindungi rakyat nya

TANAMAN PADI

Merupakan salah satu daerah yang banyak memiliki persawahan penghasil Padi / Beras sehingga menjadi komoditas utama masyarakat yang ada di pedesaan.

POHON ROTAN

Daerah yang merupakan penghasil bahan baku Rotan yang rata rata di eksor ke luar negeri. Pohon Rotan banyak tumbuh subur di pinggiran sungai Barito sehingga menjadi salah satu sumber penghasilan mata pencaharian masyarakat di Kabupaten Barito selatan. -Salah satu desa penghasil Rotan ialah Desa Babai yang berada di Karau Kuala yang hampir 80% penduduk nya yang menggeluti pekerjaan di aspek Rotan.

BUAH NENAS PARIGI

Buah Nenas Parigi yang merupakan salah satu komoditi unggulan di wilayah Kabupaten Barito Selatan Yang menjadi Icon dari Kabupaten Barito Selatan dan telah terdaftar di kementrian Pertanian sebagai tanaman holtikutura khas Kabupaten Barito Selatan.

AIR ( Sungai / Danau )

Kabupaten Barito Selatan ialah daerah yang banyak di kelilingi Sungai, Danau dan Rawa-Rawa. Banyak masyarakat di Barito Selatan yang bergantung dengan Sungai dan danau, selain merupakan tempat jalur transportasi air menuju ke Kecamatan dan Desa Sungai dan Danau merupakan salah satu penghasil ikan yang banyak bekerja sebagai Nelayan, dan Budidaya ikan (keramba) sehingga Sungai dan Danau Merupakan aspek terpenting dalam keberlangsungan hidup Masyarakat Barito Selatan.

MANDAU

Merupakan simbol masyarakat adat Dayak di Kalimantan, simbol ksatria, penjaga, tanggung jawab, dan persaudaraan bagi masyarakat Dayak. Selain menjadi salah satu senjata untuk berperang pada jaman dahulu nya, Mandau termasuk ke dalam salah satu senjata tradisional indonesia.

WARNA EMAS Melambangkan sebuah Prestasi, Kesuksesan, Kemenangan.

WARNA HIJAU Melambangkan Daerah yang Hijau, Subur, Asri serta Nyaman Warna Khas Kabupaten Barito Selatan.

WARNA ORANYE Simbol dari Optimisme dan Kemampuan untuk terus maju.

WARNA SILVER Simbol kebijaksaan dan Kemajuan.

WARNA KUNING Simbol Kegembiran dan Semangat.

Related Articles

Back to top button