IMG_20180222_125844

Posted On 27 February, 2018 By In Berita Daerah, Slider And 138 Views

BARITO SELATAN MENUJU KOTA CERDAS (SMART CITY)

Buntok, 22 Pebruari 2018. Kemajuan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemandirian di suatu daerah sudah tentu harus didorong dari berbagai inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah itu sendiri. Untuk mencapai ekonomi yang maju terutama diera digital ini harus sejalan dengan perkembangan tekhnologi yang sudah ada.

Kabupaten Barito Selatan, dibawah kepemimpinan Bapak Bupati Eddy Raya Samsuri dan Ibu Wakil Bupati, Satya Titiek Atyani Djoedir berkomitmen untuk membawa Kabupaten Barito Selatan menjadi Kabupaten yang inovatif  dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat  dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana pendukung percepatan pembangunan dan peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Barito Selatan.

Dalam rangka mewujudkan hal trersebut, pada hari Kamis (22/02/2018), bertempat di Ruang Kerja Bupati Barito Selatan, telah dilaksanakan Sosialisasi Implementasi Smart City Nusantara yang dilaksanakan oleh PT. TELKOM Indonesia Witel Kalimantan Tengah.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Bapak Bupati Barito Selatan dan Ibu Wakil Bupati Barito Selatan, serta di hadiri pula oleh Anggota DPD RI, Ibu Hj. Permana Sari, Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan, Bapak Ir.Edi Kristianto, MT, Asisten I, II dan III, Kepala Perangkat Daerah serta Kepala Bagian lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Selatan.

Dalam sambutannya, Bupati Barito Selatan menyampaikan bahwa pemanfaatan teknologi informasi  dalam sistem pemerintahan akan mendorong terciptanya Good governance di  Kabupaten Barito Selatan, sehingga akan meningkatankan kepercayaan publik serta mendorong iklim investasi yang sehat yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Barito Selatan. Smart city adalah konsep yang mengetengahkan sebuah tatanan kota cerdas yang berperan dalam memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Selain itu, konsep kota pintar ini juga sebagai jawaban untuk pengelolaan sumber daya secara efisien kata Bapak Bupati diakhir sambutan beliau.

Konsep Smart City Nusantara  terdiri dari  Digital Broadband Infrastruktur sebagai platform dasar dan 7 Vertical Solution yang terdiri dari : Smart Government, Smart Education, Smart healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment dan Smart Citizen.

Adanya 7 solusi vertikal tersebut maka ciri khas dan keragaman daerah tetap dapat dilakukan dan implementasikan dengan baik. Kelebihan lain dari konsep smart city nusantara adalah mengadopsi platform dan berbagai aplikasi smart city dari pengembang aplikasi lokal yang paham dan spesifik dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. (Admin :@3)

About

Comments are closed.